Antara Pers dan Mahasiswa


Apakah yang membedakan siswa dan mahasiswa? Itu adalah pertanyaan yang cukup medasar dan mungkin bisa memutar otak kita. Secara fisik dapat dilihat dengan jelas antara siswa dan mahasiswa, contohnya dari segi penampilan. Siswa identik dengan seragam yang harus sama sesuai aturan yang yang sudah ditetapkan. Di Sekolah Dasar misalnya, menggunakan seragam merah putih, dan di Sekolah Menengah Pertama harus menggunakan seragam putih biru serta di Sekolah Menengah Atas harus menggunakan seragam putih abu. Lalu bagaimanakan dengan tampilan mahasiswa? Apakah berarti tidak menggunakan seragam. Mungkin disebagian besar universitas seragam untuk mahasiswa adalah pakaian bebas namun sopan.
         
Itu adalah contoh yang membedakan siswa dan mahasiswa dari segi penampilan. Namun ada yang paling membedakan yaitu cara berfikir antara siswa dan mahasiswa. Mahasiswa adalah suatu generasi yang mampu merubah kondisi sekitarnya ke arah yang lebih baik, tapi bukan berarti merubah segalanya dengan tidak ada tanggung jawab. Mahasiswa yang intelektual adalah mahasiswa yang cerdas dan mampu berfikir jernih.
        
Lalu apakah arti pers? Pers adalah suatu usaha untuk mengumpulkan dan  menyiarkan berita. Lalu apakah keterkaitan pers dan mahasiswa? Tentu ada. Sebagai mahasiswa yang mampu berfikir kritis, ia pun mampu memandang apa saja hal yang terjadi di masyarakatnya sendiri.  Ada hal yang perlu digarisbawahi terkait pers dan mahasiswa dengan lingkungan sekitarnya yaitu, tulisan yang dibuat oleh jurnalis kampus mampu merubah masyarakatnya ke arah yang lebih baik.
       
Ada kesamaan antara pers mahasiswa sekarang dan pers zaman dulu, yaitu keberanian. Keberanian untuk mengetuk pintu-pintu kebenaran yang sebenarnya pintu kebenaran ada di tempat yang tidak kita ketahui bahkan di tempat yang tidak kita senangi.
       
Meskipun begitu, ada hal yang membedakan, yaitu dari segi pergerakan.  Pergerakan mahasiswa dulu lebih luas dibandingkan zaman sekarang, mahasiswa zaman dulu mengangkat masalah bukan hanya apa yang terjadi di kampusnya saja, namun di luar kampus. Ketika adanya pemberedelan pers-pers nasional. Maka yang ada dalam garda depan adalah mahasiswa.
            
Mengingat peran mahasiswa sangat penting, ayo menjadi mahasiswa bermanfaat !
               

               

Komentar

Postingan Populer